Internet Dan Sejarahnya

Internet Dan Sejarahnya

Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang semakin populer. Walaupun Internet belum terlalu memasyarakat, namun di berbagai bidang masyarakat telah merasakan dampak internet.
Jika Anda menggunakan telepon, Anda hanya dapat mendengar suara lawan bicara. Melalui Internet, Anda tidak hanya dapat mendengar suara lawan bicara, tetapi Anda juga dapat melihat lawan bicara. Hal tersebut dapat dilakukan jika Anda dan lawan bicara Anda menggunakan webcam. Webcam adalah kamera digital yang dibuat untuk mengambil gambar secara digital dan dapat dihubungkan dengan Internet.Saat ini, Internet tidak hanya dapat diakses menggunakan komputer. Anda juga dapat menggunakan telepon genggam untuk mengakses internet.
Manfaat Internet dalam bidang pendidikan sangat besar. Jika kamu memerlukan bahan untuk pelajaran, kamu tidak harus mencari bahan tersebut dengan mengunjungi suatu tepat. Kamu bisa mencarinya dengan menggunakan Internet. Dengan menggunakan Internet kamu dapat menghemat waktu dan tenaga.
Internet adalah kependekan dari Interconnected Network atau jaringan komputeryang saling terhubung satu sama lain di seluruh dunia. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan tiga situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Dahulu tampilan informasi yang ada di internet tidak graphical seperti sekarang masih teks mode berupa menu down dan baris perintah. Kemudian pada tahun 1989, Timothy Berners Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan  World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan gambar, suara, film dan musik dapat ditampilkan dalam internet.Semoga artikel ini bermanfaat.
Internet Dan Sejarahnya Internet Dan Sejarahnya Reviewed by Mb Cloths on Monday, February 03, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.