Standar Jaringan Dan Standar Internet

Standar Jaringan Dan Standar Internet

Standar adalah suatu hal yang penting dalam penciptaan dan pemeliharaan sebuah kompetisi pasar daripada manufaktur perangkat komunikasi dan menjadi jaminan interoperability data dalam proses komunikasi. Standar  komunikasi  data dapat  dikategorikan  dalam  2 kategori    yakni    kategori  de facto  (konvensi) dan  de jure (secara hukum atau regulasi).
Organisasi Standar
Di bawah ini adalah beberapa organisasi yang concern dengan perkembangan  standar teknologi telekomunikasi dan data internasional maupun dari Amerika.
1.  International Standards Organization (ISO).
2.  International Telecommunications Union-Telecommunication Standards
Section (ITU -T).
3.  American National Standards Institute (ANSI).
4.  Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
5.  Electronic Industries Association (EIA).
Selain itu terdapat pula organisasi yang bersifat forum ilmiah seperti Frame Relay Forum dan ATM Forum. Kemudian  ada pula  organisasi  yang  berfungsi
sebagai  agen  regulasi,  misalnya Federal  Communications Commision (FCC).
Standar Internet
Internet yang pada mulanya merupakan jaringan komputer skala kecil di kalangan akademisi makin bertambah luas bahkan untuk kepentingan militer, komersial dan hiburan. Semakin luasnya aktivitas internet tersebut diperlukan standar koordinasi dan administrasi untuk mengaturnya. Mulai dari tingkat pengorganisasian nama domain dari root sampai organisasi yang mengatur nama domain  untuk root negara.
Standar internet adalah sebuah proses jalan panjang yang teruji dan terspesifikasi sehingga menjadi berguna bagi siapa yang bekerja dengan internet. Tentu saja spesifikasi ini dimulai dengan sebuah draft. Kemudian draft internet ini menjadi dokumen acuan kerja yang memiliki umur   6  bulan. Setelah  itu  akan  mendapatkan rekomendasi dari otoritas Internet    dan dipublikasikan sebagai  Request for Comment (RFC).
Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai Standar Jaringan Dan Standar Internet yang perlu Anda ketahui.  Semoga artikel ini bermanfaat.
Standar Jaringan Dan Standar Internet Standar Jaringan Dan Standar Internet Reviewed by Mb Cloths on Sunday, February 02, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.